English version
See also:

Transparency International Indonesia dan UNODC membentuk forum anti korupsi



Jakarta (Indonesia), 25 Januari 2011
- Pada tanggal 21 Desember 2010, Transparency International Indonesia dan UNODC membentuk sebuah forum anti korupsi untuk mendukung pelaksanaan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional tentang Strategi Nasional Anti Korupsi. Forum ini didirikan sebagai suatu mekanisme koordinasi, dengan mandat untuk memfasilitasi kerjasama pencegahan korupsi dan dan untuk mempercepat pelaksanaan Strategi Nasional Anti Korupsi.

61 peserta bergabung dengan forum, mewakili lembaga-lembaga akademis, media, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta dan pejabat pemerintah dari seluruh Indonesia.

Dr. Diani Sadiawati, Direktur hukum dan hak asasi manusia Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, mempresentasikan Strategi Nasional dan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi (2010-2015) di forum. Forum ini adalah kesempatan bagi peserta untuk mendiskusikan dan mendebat prioritas utama pelaksanaan strategi nasional itu sendiri.


Peserta mengakhiri forum dengan rekomendasi seperti:

  • Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang Strategi Nasional melalui kampanye publik;
  • Kejelasan tentang praktik terbaik dan langkah-langkah hukuman;
  • Peningkatan dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kapasitasnya untuk melaksanakan Strategi Nasional;
  • mekanisme pengawasan yang lebih kuat di tingkat nasional dan regional, dan
  • Meningkatnya transparansi dan kepercayaan dalam berbagi informasi dalam upaya anti-korupsi nasional.

Forum anti korupsi ini dibentuk di bawah proyek yang didanai oleh Uni Eropa.