English version
See also:

Life Awards 2011: media Indonesia dipuji karena upaya pendidikan melawan penyalahgunaan obat terlarang



Jakarta (Indonesia), 26 August 2011 - Yayasan Cinta Anak yayasan Bangsa (YCAB), Media Group dan Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) mengumumkan pemenang Life Awards ke-2 pada peringatan Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan Obat dan Perdagangan Gelap. Diluncurkan pada 2008, Life Awards mengakui kontribusi yang signifikan oleh wartawan di Indonesia dan Asia Pasifik dalam mendidik masyarakat tentang masalah penyalahgunaan obat seperti pencegahan, pengurangan permintaan, dan rehabilitasi berbasis masyarakat.

"Melalui media, orang dapat menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Pada akhirnya, laporan media yang bertanggung jawab dapat mengingatkan kesadaran orang terhadap fakta bahwa penyalahgunaan narkoba merupakan hambatan bagi pembangunan ekonomi dan sosial nasional," kata Ibu Veronica Colondam, CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa, menjelaskan sejarah dan latar belakang Life Awards.

Bapak Gary Lewis, Perwakilan Regional UNODC untuk Asia Timur dan Pasifik mengatakan acara Life Awards adalah unik di wilayah tersebut. "Apa yang Anda lakukan di sini sangat inovatif dan penting," kata Bapak Lewis, yang juga menekankan bahwa peran media adalah untuk menyediakan lebih dari sekedar informasi dan statistik, tetapi juga untuk mendidik masyarakat tentang isu-isu pencegahan, pengurangan permintaan, dan rehabilitasi berbasis masyarakat.

"Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melawan perdagangan narkoba dan penyalahgunaan narkoba, namun masyarakat juga dapat membuat kontribusi besar. Keluarga, sekolah, masyarakat sipil dan organisasi keagamaan dapat melakukan bagian mereka untuk membersihkan komunitas mereka dari obat terlarang. Bisnis dapat membantu menyediakan mata pencaharian yang sah. Media dapat meningkatkan kesadaran tentang bahaya narkotika, " kata Bapak Lewis mengutip Sekretaris Jenderal PBB pada pessannya di hari peringatan tersebut.

Para pemenang Life Awards 2011 dipilih dari 169 karya yang diajukan. Semua karya telah dipublikasinya antara Januari 2010 sampai April 2011 melalui media cetak, televisi dan radio. Pemenang Life Awards 2011 adalah:

Kategori Media Cetak
Juara I: "Perempuan Muda di Jalur Narkoba, Tergiur Iming-Iming kawan"
Penulis : Erwin Dariyanto
Media : Majalah Tempo

Juara II: Tak Mudah Lepas dari Jerat Narkoba
Penulis : Subroto
Media : Harian Republika

Penghargaan Khusus: Menghapus Stigma di Kampung Beting
Penulis : Agus Wahyuni
Media : Harian Borneo Tribune

Kategori Radio
Penghargaan Khusus I: Mentari Terbit di Kampung Bali
Penulis : Muhammad Irham
Media : Radio KBR68H

Penghargaan Khusus II: Menguak Tabir Peredaraan Narkoba di Kampus
Penulis : Vitali Ridho
Media : Radio 101,4 TraxFM

Kategori Fotografi
Penghargaan Khusus I: Sindikat Narkotika Internasional
Fotographer : Heru Haryono
Media : www.okezone.com

Kategori Televisi
Penghargaan Khusus I: Narkoba Wajah Buram Anak Jalanan
Pengirim : Yosua Panggabean
Media : ANTV

Media Asing
Penghargaan I: New Approach at Drug Rehab Center
Tipe/Penulis: Zhang Yan
Media : China Daily

Penghargaan II: Helping Drug Addicts
Tipe/Penulis: Editorial
Media : Asahi Shimbun