English version
See also:

Memerangi ancaman global: Indonesia menjadi tuan rumah forum pelatihan regional kejahatan transnasional

Semarang (Indonesia), 27 April 2011 - "Tantangan global membutuhkan solusi global", sebut Kepala Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Dr. Oegroseno saat beliau berbicara pada peserta Forum Pelatihan Regional Kejahatan Transnasional yang diadakan di Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation dari 28 Maret hingga 1 April 2011.

Tujuan forum ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi perwakilan senior dari pusat pelatihan kejahatan transnasional dari seluruh dunia untuk bertemu dan berinteraksi dengan rekan-rekan mereka. Peserta diberi kesempatan untuk menampilkan institusi mereka sendiri, dan mengambil bagian dalam sebuah diskusi mengenai bagaimana berbagai instansi dapat bekerja lebih erat di masa depan.

Berpartisipasi dalam forum perdana itu adalah delegasi dari Turkish Academy for Drugs and Organized Crime, the Pakistan Anti-Narcotics Force, the Royal Canadian Mounted Police and INTERPOL Perancis. Sebagai forum regional, Indonesia and dan negara-negara tetangganya terwakilkan dengan sangat baik oleh delegasi dari Kamboja, Cina, Hong Kong, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Ajit Joy, UNODC Country Manager untuk Indonesia, memberikan catatan penting mengenai ancaman kejahatan transnasional dan terorganisir. Beliau berbicara tentang marketisasi, kompleksitas, dan hubungannya dengan korupsi, sekaligus menekankan bahwa "kejahatan transnasional terorganisir bukan hanya masalah penegakan hukum tapi juga masalah politik, ekonomi dan sosial".

Juga hadir di forum, adalah Bapak Jean Francois Gadeceau, Asisten Direktur INTERPOL, yang membahas kemajuan INTERPOL mengenai pencapaian fungsi dasar pengembangan kapasitas keempat. Hal yang menarik bagi para delegasi adalah pusat belajar global yang dimiliki INTERPOL. Pusat pembelajaran ini adalah portal berbasis situs yang berwenang memberikan akses untuk para anggota ke berbagai produk pembelajaran online dan sumber daya pelatihan yang komprehensif.

Ketika ditanya tentang manfaat dari menghadiri forum, para peserta melaporkan bahwa selain peningkatan jaringan dan kerjasama, manfaat terbesar bagi mereka adalah belajar apa yang dilakukan orang lain di kawasan tersebut dan praktik yang dapat mereka terapkan pada masing-masing institusi.

Forum Pelatihan Regional Kejahatan Transnasional dibentuk di bawah proyek yang didanai oleh Uni Eropa.